Selasa, 10 Maret 2015

FISIKA: Pemantulan Cermin D A T A R

Di antara sekian jenis pemantulan, peristiwa pemantulan pada cermin datar adalah salah satu jenis fenomena pemantulan yang terjadi pada cahaya. Pemantulan pada cermin datar ini masih merupakan rangkaian materi terdahulu yang juga membahas materi tentang pemantulan, yakniPemantulan Cermin Cekung dan Cembung. Pernahkah Anda bercermin? Ketika Anda bercermin, cermin apa yang Anda gunakan? Anda tentu menggunakan cermin datar. Cermin datar adalah kaca yang permukaannya terdiri atas sisi yang datar dan halus dan biasanya di bagian belakangnya merupakan bagian yang gelap berupa amalgama perak. Ketika Anda berdiri di depan cermin datar, bagaimanakah bayangan Anda? Apakah tampak sama dengan diri Anda?
Pemantulan pada Cermin datar
Sifat-sifat bayangan dari cermin datar adalah sebagai berikut:

  • Jarak bayangan ke cermin (s') sama dengan jarak benda ke cermin (s).
  • Bayangan bersifat maya karena dibentuk oleh perpotongan dari perpanjangan garis sinar pantul dan berada di belakang cermin (tidak dapat ditangkap oleh layar).
  • Jarak bayangan ke cermin diberi tanda negatif.
  • Tinggi atau besar bayangan sama dengan tinggi atau besar benda. Oleh karena itu, perbesaran linier bayangan adalah M = 1.
  • Posisi bayangan tegak.
  • Bayangan berhadapan dengan bendanya. Sisi kanan dan kiri dari bayangan saling berkebalikan dengan bendanya atau simetris .
Untuk membahas lebih lanjut mengenai cermin datar, Anda perlu mengetahui jenis-jenis bayangan. Jenis bayangan ada dua, yaitu bayangan nyata (sejati) dan bayangan maya (semu) Bayang nyata merupakan bayangan yang terbentuk dan dapat ditangkap oleh layar. Titik bayangan disebut sejati jika titik tersebut merupakan ti tik potong sinar-sinar pantul yang divergen. Bayangan maya atau semu yaitu bayangan yang terbentuk oleh perpotongan dari perpanjangan sinar-sinar pantul yang konvergen.

Pada cermin datar, semua bayangan yang dibentuk bersifat maya dan besarnya sama dengan bendanya. Lebar cermin minimum yang diperlukan orang untuk melihat bayangan dari ujung kepala sampai ujung kaki adalah setengah dari tinggi badan orang tersebut. Ketika Anda pergi ke toko sepatu, Anda dapat melihat bayangan Anda bisa lebih dari satu, padahal di sana hanya ada cermin datar. Bagaimana cermin datar dapat menghasilkan bayangan yang jumlahnya lebih dari satu? Sebetulnya Anda cukup memasang dua cermin datar yang dipasang saling membentuk sudut. Jumlah bayangan yang dibentuk antara dua cermin datar dirumuskan sebagai berikut: 

N = 3600 – 1 / α

Keterangan: N = jumlah bayangan, α  = sudut antara dua cermin.

0 komentar: