Rabu, 11 Maret 2015

BIOLOGI: A v e s [1]

 A.    SUPER ORDO PALEOGNATHAE = BURUNG BERJALAN 

Dengan ciri-ciri : tidak mempunyai gigi, sayap meengecil, sehingga tidak dapat terbang,Corscoid dan Scapula kecil.

1.Ordo Struthioniformes = Burung Ostrihris ( Burung Unta)
Ciri-ciri: Hidupnya Terestrial, tidak mempunyai carina sterni,tidak punya pygostile, dua jari kaki (3,4) tiap kaki,kepala,leher,ditutupi oleh bulu yang jarang Simfisis pubis tanpa Pygostyle.hidup pada zaman Miocen sampai sekaranng.
Terdiri dari family : - Struthionidae  Cth: Sturthio camelus (Burung Unta Arab)


 2.Ordo Casuariiformes = Kasuari dan Emus
Ciri-ciri : Tidak dapat terbang ,terstrial,tidak punya Carina Sterni,3 jari pada tiap kaki,sayap kecil, tidak punya gelambir ada yang ganda.Hidup pada Zama Pliocene sampia sekarang.
Terdiri dari 2 family:
-          Family Casuariidea
Ciri-ciri: Hidup di Irian dan Australia tinggi 1,80m. Setiap bulu terdiri dari dua batang bulu kembar. Kepala dihias oleh ketopong ( sirip pipih) mirip tanduk, setinggi 15 cm dari tempurung ke kepala. Bergelamir ganda cth :  Casuarius casurius

-           - Family Dromaidea
Terdapat di Australia hanya satu spesies.berwarna coklat dasar putih, setiap bulu mempunyai dua batang bulu dan sangat panjang (melangkah 2-7m) dapat mengeluarkan suara daram dan talu gendering. Cth : Dromalus novae hollandiae = Emus

3. Ordo Acpyornithioformes = Burung Gajah

Ciri-ciri: Tidak punya sayap,terestrial ,tulang dada pendek dan lebar,tidak mempunai carina Sterni,sayap merupakan sisa jari 4 buah Cth: Aspyornis sp terdapat di Madagaskar.

4.Ordo Dinonithiformes = Burung Moas

Ciri-ciri: Terestrial,sternum mengecil dan tidak punya Carina Sterni,Coracoid,Scapula dan tulang sayap mengecil atau tidak adaa, kaki belakang berjari 3 atau 4.bulu berbatang ,bulu kembar dal lebar.terdapt di New Zaeland (Selandia Baru) Cth : Dinornis sp.

5.Ordo Apterygiformes = Burung kiwi

Ciri-ciri : sangat ganjil ,tidak bersayap,dan tidak berekor,berwarna abu-abu coklat .bulu berstruktur miri rambut.paruh panjang bulat dan diujungnya terdapt hidung ,jumlah jari 4 ,makanan berupa cacing dan serangga terdapat di New Zaeland Cth: Apterix Australis.


 6. Ordo Rheiformes = Burung Rhea

Ciri-ciri : Tidak mempunyai sayap ,terestrial tidak mempunyai Carina Sterini, 3 jari kaki , kepala ,leher dan bulu Fitoplumae (Hair feather) hidup pada zaman Miocene sampai sekarang .terdapat di Amerika Selatan Cth : Rhea americana.



7.Ordo Tinaniformes = Burung Tinamu

Ciri-ciri: Kemampuan terbang yang lemah, tidka mempunyai Carina sterni Pygostyle mereduksi,dapat menyamar, berwarna coklat an abu-abu bergaris atau berbinti-bintik terdapat di meksiko sampai Amerika Selatan. Cth : Eudromia elegans (Tinamu jambul)



8. Ordo Passeriformes

Sub Ordo : Oschines
Famili : Syliviidae
Cth : Phinia

0 komentar: