Selasa, 10 Maret 2015

BIOLOGI: Klasifikasi 6 K i n g d o m


Klasifikasi 6 Kingdom

Pada tahun 2004, seorang ilmuwan, Thomas Cavalier-Smith mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi 6 Kingdom, namun dengan memisahkan Eukaryota dari Protista yang bersifat autotrof menjadi Kingdom baru, yaitu Chromista.
6 Kingdom menurut Klasifikasi Cavalier-Smith, yaitu:
  1. Archaebacteria dikenal sebagai bakteri purba. Awalan ‘archae‘ berarti ‘kuno,’ membuat yang satu ini mudah diingat. Mereka prokariotik dan uniseluler.
  2. Eubacteria adalah apa yang biasanya Anda pikirkan ketika Anda memikirkan bakteri – seperti E. coli dan salmonella. Awalan ‘eu‘ berarti ‘sejati,’ jadi ini adalah bakteri sejati. Mereka juga adalah prokariotik dan uniseluler, tetapi memiliki komposisi genetik yang berbeda dari pendahulu moyang mereka.
  3. Protista adalah organisme eukariotik kecil. Mereka umumnya dipecah menjadi tiga kelompok dalam kerajaan: mirip tumbuhan, seperti hewan, dan seperti jamur.
  4. Jamur (fungi) yang pernah dikelompokkan dengan tanaman tetapi, di antara beberapa perbedaan lainnya, tidak mampu berfotosintesis dan dengan demikian bukan tanaman. Mereka eukariotik dan heterotrofik, yang berarti mereka harus mengkonsumsi makanan.
  5. Tanaman (plant) mampu berfotosintesis, yang merupakan salah satu pendefinisian karakteristik mereka, dan eukariotik.
  6. Hewan (animal) adalah kerajaan terbesar dan semua eukariotik, multiselular, dan heterotrofik.

0 komentar: