Rabu, 19 November 2014

BIOLOGI: Jaringan PARENKIM

Jaringan parenkim merupakan suatu jaringan yang terbentuk dari sel-sel hidup, dengan strukturmorfologi serta fisiologi yang bervariasi dan masih melakukan segala kegiatan proses fisiologis.Jaringan parenkim disebut jaringan dasar karena dijumpai hampir di setiap bagian tumbuhan.

Gambar Jaringan Parenkim
Contohnya pada batang dan akar, jaringan parenkim dijumpai diantara epidermis dan pembuluh angkut, sebagai korteks. Parenkim dapat pula dijumpai sebagai empulur batang, Pada daun, parenkim merupakan mesofil daun, yang kadang terdiferensiasi menjadi jaringan tiang dan jaringan bunga karang, parenkim dijumpai sebagi parenkim penyimpan cadangan makanan pada buah dan biji.

Berdasarkan fungsinya, parenkim dibedakan menjadi beberapa macam:
  1. Parenkim asimilasi, yaitu parenkim yang bertugas melakukan proses pembuatan zat-zat makanan, terletak di bagian tumbuhan berwarna hijau.
  2. Parenkim penimbun, berfungsi sebagai jaringan penyimpan cadangan makanan sebagai larutan dalam vakuola, bentuk partikel padat, atau cairan dalam siroplasma. Letaknya di bagian dalam tumbuhan, misalnya empulur batang, akar, umbi, umbi lapis dan akar rimpang. Organ tersebut sel-selnya berisi cadangan makanan berupa: gula, tepung, lemak dan protein.
  3. Parenkim air, dijumpai pada tumbuhan hidup di daerah kering (xerofit), tumbuhan epifit, dan tumbuhan sukulen sebagai penimbun air untuk menghadapi masa kering.
  4. Parenkim udara dijumpai pada alat pengapung tumbuhan. Parenkim udara dapat pula dijumpai pada tangkai daun Canna sp. sebagai tempat penyimpanan udara.
  5. Parenkim angkut terdapat pada jaringan pengangkut yang sel-selnya berbentuk memanjang menurut arah pengangkutannya.
Berdasarkan bentuknya, parenkim dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
  1. Parenkim palisade, merupakan parenkim penyusun mesofil, kadang pada biji berbentuk sel yang panjang, tegak, mengandung banyak kloroplas.
  2. Parenkim bunga karang, juga merupakan parenkim penyusun mesofil daun, bantuk dan ukurannya tak teratur dengan ruang antarsel yang lebih besar.
  3. Parenkim bintang (aktinenkim) berbentuk seperti bintang bersambungan ujunganya dijumpai pada tangkai daun Canna sp.
  4. Parenkim lipatan, dinding selnya mengadakan lipatan ke arah dalam serta banyak mengandung kloroplas, dijumpai pada mesofil daun pinus dan padi.
Sumber: [1]

0 komentar: