Rabu, 19 November 2014

BIOLOGI: Struktur Bagian BUNGA dan Fungsinya

Tanaman adalah organisme hidup yang ditandai dengan kemampuan mereka untuk menghasilkan makanannya sendiri, berbeda dengan klasifikasi makhluk hidup lainnya. Tumbuhan sangat penting untuk semua kehidupan di bumi karena mereka memberikan oksigen, tempat tinggal, pakaian, makanan, dan obat-obatan untuk makhluk hidup lainnya.
jenis tanaman sangat beragam seperti pohon, tanaman merambat, semak-semak, rumput  lumut pakis dan termasuk juga bunga-bungaan. Struktur bunga terdiri dari bagian-bagian bunga yang berdiri sendiri dengan fungsinya masing-masing. Informasi di bawah ini menggambarkan karakteristik dan bagian dari tanaman berbunga secara lengkap.

Bagian-bagian Dasar Bunga

Tanaman berbunga termasuk spesies tanaman yang paling banyak temui di jagat raya. Bagian-bagian bunga ditandai dengan dua sistem dasar, yaitu sistem akar dan sistem tunas. Dua sistem ini dihubungkan oleh jaringan pembuluh darah yang berjalan dari akar melalui tunas. Sistem memungkinkan tanaman untuk melakukan produksi dan mendapatkan makanan melalui proses fotosintesis.
1. Sistem Akar
Akar dari tanaman berbunga yang sangat penting. Sistem akar memungkinkan tanaman berbunga untuk mendapatkan air dan nutrisi dari tanah. Akar juga menyimpan makanan. Nutrisi dan air diserap melalui rambut akar kecil yang membentang dari sistem akar. Tidak semua akar berasal bawah tanah, beberapa tanaman memiliki akar yang berasal di atas tanah dari batang atau daun. Akar ini memberikan dukungan untuk batang.
2. Sistem Tunas
Tanaman berbunga memiliki batang, daun yang membentuk sistem tanaman tunas pada bunga.
  • Batang memberikan dukungan untuk tanaman dan memungkinkan nutrisi dan air untuk seluruh bagian tanaman. Dalam batang dan seluruh tanaman membentuk seperti jaringan tabung yang disebut xilem dan floem. Jaringan ini membawa air, makanan, dan nutrisi ke seluruh bagian tanaman.
  • Daun adalah tempat memproduksi pangan untuk tanaman berbunga. Di sinilah tanaman memperoleh energi panas (cahaya) dan karbon dioksida untuk fotosintesis dan melepaskan oksigen ke udara. Daun memiliki berbagai bentuk dan bentuk, tetapi mereka semua menyediakan sistem transportasi air dan nutrisi.

Struktur Bagian Bunga

Bunga termasuk bagian dari sistem tunas pada tanaman berbunga. Sruktur dari bagian-bagian bunga bertanggung jawab terhadap fungsi untuk pengembangan benih dan reproduksi. Bagian bunga terdiri dari bagian reproduksi jantan dan betina serta bagian penunjang bunga lainnya, seperti berikut :
bagian-bagian bunga
1. Bagian bunga jantan :
  • Benang sari (Stamen) – Ini adalah bagian bunga jantan yang terdiri dari filamen dan anter. Benang sari memproduksi serbuk sari pada bagian bunga. Jumlah benang sari biasanya sama dengan jumlah kelopak.
  • Kepala Sari (Antera) – Ini adalah bagian dari benang sari yang memproduksi dan mengandung serbuk sari. Biasanya berada di atas tangkai panjang dan terlihat seperti rambut halus.
  • Tangkai Sari (Filament) – Ini adalah rambut-seperti tangkai halus yang antera duduk di atas.
2. Bagian bunga betina :
  • Putik (Pistil) – Ini adalah bagian betina bunga. Setiap putik dibangun dari satu ke banyak struktur seperti bagian yang digulung.
  • Stigma – Salah satu bagian betina bunga, seperti bola lengket yang terlihat di pusat bunga, itu adalah bagian dari putik bunga yang menerima serbuk sari dan di mana mereka tumbuh.
  • Style -Merupakan tangkai yang panjang pada stigma duduk di atas.
  • Ovarium – Bagian bunya yang biasanya berada di bagian bawah bunga, memiliki biji di dalam dan berubah menjadi buah yang kita makan. Ovarium berisi ovula.
  • Ovula – Bagian dari ovarium yang menjadi benih.
3. Bagian penunjang bunga lainnya :
  • Mahkota Bunga (Petal) – Bagian yang berwarna-warni dan memiliki aroma. Mereka menarik penyerbuk (serangga) dan biasanya menjadi alasan mengapa kita membeli dan menikmati bunga.
  • Daun Kelopak (Sepal) – Bagian-bagian yang terlihat seperti daun hijau kecil yang menutupi bagian luar kuncup bunga untuk melindungi bunga sebelum membuka.
Kesimpulannya, tanaman bunga ditandai dengan keberadaan sistem akar dan sistem tunas. Sistem akar berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari jenis tanah yang ditumbuhinya. Sistem tunas ini terdiri dari batang, daun, dan bunga yang dapat memasak makanannya sendiri dan bereproduksi.
Fungsi bunga melakukan sistem yang memungkinkan tanaman untuk melakukan reproduksi yang dilakukan oleh masing-masing bagian bunga. Tidak semua bunga memiliki semua bagian-bagian bunga, sehingga hal ini mempengaruhi bagaimana bunga melakukan penyerbukan untuk bereproduksi.

0 komentar: