Rabu, 19 November 2014

BIOLOGI: Sel T U M B U H A N



Tumbuhan yang yang memiliki evolusi tinggi, organisme eukariotik yang mengandung organel sel yangterikat membran-. Meskipun tumbuhan dan hewan milik eukariota, mereka berbeda dalam fitur karakteristik tertentu. Misalnya, sel tumbuhan memiliki dinding sel yang berkembang dengan baik dan vakuola besar, sedangkan sel hewan tidak memiliki bagian struktur tersebut. Selain perbedaan-perbedaan struktural, sel tumbuhan tidak memiliki sentriol dan filamen menengah, yang hadir dalam sel hewan.
Sebuah sel tumbuhan khas terdiri dari sitoplasma dan organel. Bahkan, semua organel (kecuali nukleus) dan struktur subselular yang hadir dalam sitoplasma, yang tertutup oleh lapisan pelindung (dinding sel dan membran sel). Studi ilmiah telah dilakukan mengenai organel sel dan fungsi mereka. Setiap organel-organel sel tumbuhan memiliki fungsi tertentu, tanpa adanya sel tidak dapat beroperasi dengan baik.
Sel tumbuhan dilindungi dari lingkungan sekitar oleh dinding sel dan membran sel. Perhatikan bahwa keduanya merupakan struktur permukaan dan bukan organel sel. Mereka tidak hanya memberi bentuk, dukungan, dan kekuatan untuk sel, tetapi juga membantu dalam transportasi. Ketika datang pada organel yang ditemukan dalam sel tumbuhan, mereka lebih atau kurang mirip dengan sel-sel hewan, kecuali bahwa yang terakhir tidak memiliki kloroplas, yang bertanggung jawab untuk fotosintesis. Berikut ini adalah daftar dari organel yang ditemukan dalam sel tanaman.
Organel Sel Tumbuhan # inti
Nukleus (jamak nuklei) adalah organel sel yang sangat khusus, yang menyimpan komponen genetik (kromosom) dari sel tertentu. Ini berfungsi sebagai pusat administrasi utama sel dengan mengkoordinasikan proses metabolisme seperti pertumbuhan sel, pembelahan sel, dan sintesis protein. Bersama-sama, inti beserta isinya disebut sebagai nukleoplasma.
Nukleus
Organel Sel Tumbuhan # Plastida (Kloroplas)
Plastida adalah istilah kolektif untuk organel yang membawa pigmen. Dalam sel tumbuhan, kloroplas adalah bentuk yang paling menonjol dari plastida yang mengandung pigmen klorofil hijau. Karena plastida kloroplas ini, sel tumbuhan memiliki kemampuan untuk menjalanifotosintesis dengan adanya sinar matahari, air, dan karbon dioksida untuk mensintesis makanannya sendiri.
Kloroplas
Organel Sel Tumbuhan # ribosom
Ribosom adalah organel tumbuhan yang terdiri dari protein (40 persen) dan asam ribonukleat atau RNA (60 persen). Mereka bertanggung jawab untuk sintesis protein. Di dalam sel, ribosom dapat muncul secara bebas (ribosom bebas) atau mungkin melekat organel lain, retikulum endoplasma (ribosom terikat). Setiap ribosom terdiri dari dua bagian, sebuah subunit besar dan subunit kecil.
ribosom
Organel Sel Tumbuhan # mitokondria
Mitokondria (mitochondrion tunggal) besar, organel bulat atau berbentuk batang hadir dalam sitoplasma sel tumbuhan. Mereka memecah karbohidrat kompleks dan gula menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk tanaman. Sebuah Mitokondria mengandung enzim tertentu yang penting untuk pasokan energi ke sel tumbuhan. Oleh karena itu, organel sel ini juga dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel.
Mitokondria
Organel Sel Tumbuhan # Badan golgi
Sebuah badan Golgi juga disebut sebagai kompleks Golgi atau aparat Golgi. Hal ini memainkan peran utama dalam mengangkut zat kimia di dalam dan keluar dari sel. Setelah retikulum endoplasma mensintesis lemak dan protein, tubuh Golgi mengubah dan mempersiapkan mereka untuk mengekspor di luar sel. Diatur dalam pola saclike, organel ini terletak di dekat inti sel.
Badan golgi
Organel Sel Tumbuhan # Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma (ER) adalah penghubung antara inti dan sitoplasma sel tumbuhan. Pada dasarnya, itu adalah jaringan interkoneksi, kantung berbelit-belit hadir dalam sitoplasma. Berdasarkan ada tidaknya ribosom, ER dapat dari jenis halus atau kasar. jenis Yang pertama memiliki ribosom, sedangkan yang kedua ditutupi dengan ribosom. Secara keseluruhan, retikulum endoplasma berfungsi sebagai manufaktur, penyimpanan, dan pengangkutan struktur glikogen, protein, steroid, dan senyawa lainnya.
Retikulum endoplasma
Organel Sel Tumbuhan # vakuola
Vakuola adalah membran, organel penyimpanan yang membantu dalam mengatur tekanan turgor dari sel tumbuhan. Dalam sel tumbuhan, bisa ada lebih dari satu vakuola. Namun, vakuola berlokasi lebih besar daripada yang lain, yang menyimpan segala macam senyawa kimia. Vakuola juga membantu dalam pencernaan intraselular molekul kompleks dan ekskresi produk-produk limbah.
vakuola
Organel Sel Tumbuhan # peroksisom
Peroksisom adalah organel sitoplasma dari sel tumbuhan, yang mengandung enzim oksidatif tertentu. Enzim ini digunakan untuk pemecahan metabolisme asam lemak ke dalam bentuk gula sederhana. Fungsi penting lainnya dari peroksisom adalah untuk membantu kloroplas dalam menjalani proses fotorespirasi.
Yah! Ini adalah keterangan singkat tentang organel sel tumbuhan, struktur, dan fungsi spesifik. Bagian lain dari sel tumbuhan termasuk mikrofilamen (komponen struktural), mikrotubulus (komponen sitoskeleton), dan plasmodesmata (menghubungkan tabung antara sel-sel). Seperti yang telah kita lihat di atas, koordinasi organel sel sangat penting untuk melaksanakan fungsi fisiologis dan biokimia tumbuhan.

Sumberhttp://www.sridianti.com/organel-sel-tumbuhan-dan-fungsinya.html

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mohon gambar diatas ditulis keterangannya

Unknown mengatakan...

Mohon gambar diatas ditulis keterangannya