Rabu, 19 November 2014

BIOLOGI: Sel H E W A N


Sel datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa sel ditutupi oleh dinding sel, lainnya tidak, beberapa memiliki mantel berlendir atau struktur memanjang yang mendorong dan menarik mereka melalui lingkungan mereka. Beberapa sel memiliki lapisan tebal sekitar sel mereka. Lapisan ini disebut kapsul dan ditemukan dalam sel-sel bakteri.
Dalam tubuh kita ada banyak jenis sel yang berbeda. Kita terdiri dari sekitar 200 jenis sel. Tubuh kita juga memiliki bahan non hidup seperti rambut, kuku jari, dan bagian yang keras dari tulang dan gigi. Semua bahan-bahan ini terdiri dari sel-sel mati.
Sel hewan adalah bentuk sel eukariotik yang membentuk jaringan tubuh dan dengan demikian organ. Sel hewan cukup berbeda dari sel tanaman. Dinding sel dan kloroplas yang hadir dalam sel tanaman, sementara sel-sel hewan tidak memiliki dinding sel. Semua sel-sel hewan tidak memiliki bentuk yang sama, ukuran atau fungsi tetapi mekanisme selular utama adalah sama yang membantu dalam berfungsinya tubuh. Ada berbagai bagian yang membentuk sel hewan, jadi mari kita mecari wawasan ke dalam apa yang mereka lakukan. Diagram berlabel bawah ini akan membantu dalam pemahaman yang lebih baik.
Organel Sel
1. Nukleolus 2. inti sel 3. Ribosom 4. Vesikel 5. Retikulum endoplasma kasar 6. badan Golgi 7. sitokleton 8. retikulum endoplasma halus 9. Mitokondria 10. Vakuola 11. sitoplasma 12. Lisosomo 13. sentrosom 14. plasma Membran

Membran sel: Membran sel merupakan bagian paling luar dari sel yang membungkus semua organel sel lainnya. Membran sel mengontrol masuknya nutrisi dan mineral dalam dan keluar dari sel.
membran sel
Membran plasma terutama terdiri dari fosfolipid (oranye). kepala hidrofilik (“suka air”) dan dua ekor hidrofobik (“benci air”) yang akan ditampilkan. Fosfolipid membentuk bilayer (dua lapisan). Bagian tengah bilayer adalah daerah tanpa air. Ada dapat air di kedua sisi bilayer. Ada banyak protein seluruh membran.
Sitoplasma Sel: Sitoplasma merupakan matriks atau seperti gel zat / cairan yang hadir di dalam sel. Hal ini terutama terdiri dari air dan protein material. Sitoplasma adalah lokasi utama di mana semua proses kehidupan terjadi.
Sitoplasma
Nukleus: Inti sel merupakan otak atau pusat kontrol sel dan dengan demikian salah satu bagian yang paling penting. Ini berisi materi genetik yaitu DNA (asam deoksiribonukleat) dan kromosom. DNA ini terdiri dari nukleotida yang akhirnya membantu dalam pembentukan protein oleh proses transkripsi dan translasi. DNA (Asam deoksiribonukleat) berisi semua informasi untuk sel hidup, melakukan fungsi mereka dan bereproduksi. Nukleosis dalam inti adalah organel lain yang disebut nukleolus. Nukleolus bertanggung jawab untuk membuat ribosom. Lingkaran pada permukaan inti adalah pori-pori nuklir. Ini adalah di mana ribosom, dan bahan lainnya bergerak masuk dan keluar dari sel.
Nukleus
Nukleolus: Nukleolus merupakan daerah bernoda gelap di dalam inti terutama bertanggung jawab untuk pembentukan protein menggunakan RNA (asam ribonukleat).
Membran nuklir: ini adalah selubung pelindung berpori yang menutupi inti yang memungkinkan masuknya zat dan merupakan salah satu ciri khas dari sel hewan.
Nukleoplasma: cairan padat ini dalam nukleus mengandung serat kromatin, yang memadat membentuk kromosom dan gen yang membawa informasi turun-temurun.
Pengertian Nukleoplasma
Nukleoplasma adalah cairan yang ditemukan di dalam inti sel eukariotik.
Mitokondria: Mitokondria adalah salah satu organel sel terbesar juga dikenal sebagai rumah mesin dari sel. Oksigen berkombinasi dengan glukosa untuk membentuk energi (ATP) yang diperlukan untuk metabolisme dan aktivitas seluler di organel ini. Ini adalah organel independen memiliki DNA sendiri mitokondria, RNA dan ribosom karena replikasi diri dan duplikasi.
mitokondria1
Ribosom: Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sintesis protein (transkripsi dan translasi) terjadi di ribosom. Organel ini dapat terikat pada retikulum endoplasma atau mengambang bebas di sitoplasma. Ribosom terdiri dari dua unit. Satu unit lebih besar dari yang lain sehingga mereka disebut subunit besar dan kecil. Kedua subunit ini diperlukan untuk sintesis protein dalam sel. Ketika dua unit merapat bersama-sama dengan unit informasi khusus yang disebut RNA, mereka membuat protein. Beberapa ribosom ditemukan dalam sitoplasma, tetapi sebagian besar yang melekat pada retikulum endoplasma. Saat melekat ke RE, ribosom membuat protein yang kebutuhan sel dan juga orang-orang yang akan diekspor dari sel untuk bekerja di tempat lain dalam tubuh.
diagram ribosom
Lisosom: Ini adalah kantung terikat membran yang berisi enzim yang dibutuhkan untuk memecah bagian yang tidak perlu dari sel untuk digunakan kembali. Ini terutama membantu fagositosis dan mendorong pencernaan intraseluler.
Sentrosom: Ini organel kecil yang dikelilingi oleh mikrotubulus atau dengan centrosphere, mengandung sentriol yang bertanggung jawab untuk memulai pembelahan sel.
Retikulum Endoplasma (RE): Dari gambar jelas menunjukkan RE menjadi organel sel terbesar kedua setelah mitokondria karena ini membentuk rangkaian interkoneksi rata terowongan tubular; retikulum endoplasma kasar (REk) dan retikulum endoplasma halus (REh). REk terutama bertanggung jawab untuk memegang protein terbentuk di ribosom, sehingga menjadi kasar dalam penampilannya. Ketika ribosom ada melekat disebut RE kasar dan RE halus ketika tidak ada ribosom terpasang. Retikulum endoplasma kasar adalah di mana sebagian besar sintesis protein terjadi di dalam sel. Fungsi retikulum endoplasma halus adalah untuk mensintesis lipid dalam sel. ER halus juga membantu dalam detoksifikasi zat-zat berbahaya dalam sel.
Fungsi Retikulum Endoplasma
Apparatus Golgi: Protein yang dibentuk oleh RE perlu diproses sehingga dapat melakukan fungsi normal. Golgi merupakan kantung membran yang terkait terutama dengan retikulum endoplasma. Badan golgi adalah organel dalam sel yang bertanggung jawab untuk menyortir dan memeriksa kebenaran pengiriman protein yang diproduksi pada RE. Sama seperti paket pos, yang harus memiliki alamat pengiriman yang benar, protein yang diproduksi di RE harus benar dikirimkan ke alamat masing-masing. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam sintesis protein. Jika kompleks Golgi membuat kesalahan dalam pengiriman protein ke alamat yang benar, fungsi-fungsi tertentu dalam sel dapat berhenti. Organel ini dinamai setelah Italia dokter-Camillo Golgi. Dia adalah orang pertama yang menggambarkan organel ini dalam sel.
Fungsi utama Aparatus Golgi.
Fungsi utama Aparatus Golgi.
Vakuola: bagian kecil gas dan membran vakuola diisi dengan cairan dan air yang hadir dalam sel-sel hewan. Fungsi utama mereka adalah penyimpanan.

Bagian Sel Hewan yang Tidak ditemukan pada Sel Tumbuhan

Hewan dan tumbuhan berbagi domain Eukaryota, tetapi berbeda secara mendasar bahwa mereka menempati kerajaan terpisah di taksonomi kehidupan. Perbedaan ini meluas ke tingkat sel. Dinding sel, vakuola besar dan kloroplas sel tumbuhan tidak memiliki mitra dalam sel hewan. Sel-sel hewan, pada gilirannya, mengandung struktur cytoskeletal dan organel sel tanaman yang tidak memiliki.

Sentriol

Sentriol, organel berbentuk bungkusan terdiri dari mikrotubulus semirigid, bertindak sebagai fokus untuk pembelahan sel. Sentriol berpasangan membentuk organel senyawa yang ahli biologi sel sebut Sentrosom tersebut. Sel tumbuhan tidak memiliki struktur ini, dan meskipun sel hewan membelah tanpa sentriol, organel yang muncul untuk membantu dalam proses. Sentriol juga berperan dalam mengatur geometri sel dan orientasi, karakteristik ini menjadi sangat penting selama perkembangan embrio organisme. Sel hewan tanpa sentriol tidak dapat mengembangkan silia fungsional atau flagela.

Flagela dan Cilia

Struktur whiplike bahwa organisme bersel tunggal digunakan untuk mendorong tubuhnya melalui lingkungan mereka terdiri dari protein yang sama dengan bundel mikrotubulus yang membentuk sentriol pada sel hewan. Pada hewan multiseluler, zat silia bergerak dalam saluran pernapasan dan pencernaan. Pendengaran dan sel-sel reproduksi juga mempekerjakan silia untuk bergerak dan sensasi. Sel tumbuhan tidak memiliki sarana gerakan independen, juga tidak bergantung pada silia untuk transportasi bahan atau untuk transmisi informasi ke sistem saraf pusat.

lisosom

Lisosom bertindak sebagai sistem pencernaan sel hewan. Sama seperti perut hewan multiseluler yang berisi cairan lambung untuk memecah makanan, organel ini mengandung enzim yang terpisah menjadi bahan komponen yang dapat digunakan pada tingkat sel. Organel yang hidup lebih lama dari utilitas mereka, masalah sampah dan partikel makanan bisa dicerna dalam lisosom dan diekskresikan melalui vakuola. Sel hewan mengandung lisosom berlimpah, banyak sel-sel tumbuhan tidak memiliki struktur pencernaan, sementara mereka yang melakukan mengandung mereka memiliki lebih sedikit dari mereka.

Sitoskeleton

Sementara sel-sel tumbuhan memiliki struktur protein internal yang membentuk sitoskeleton, struktur keseluruhan mereka lebih bergantung pada dinding sel yang kaku mereka, elemen yang tidak memiliki sel-sel hewan. Sebaliknya, sel-sel hewan mengandung sitoskeleton fleksibel terdiri dari filamen aktin, antara filamen tebal dan mikrotubulus berongga. Perbedaan antara tanaman dan hewan struktur sel bermain keluar pada tingkat makroskopik dalam fleksibilitas kehidupan hewan makroskopik versus imobilitas relatif kehidupan tanaman.
Setelah harus tahu berbagai konstituen, saya berharap mudah bagi Anda untuk memahami sel hewan dan pentingnya.
Sumberhttp://www.sridianti.com/organel-sel-hewan-dan-fungsinya.html

0 komentar: