Selasa, 10 Maret 2015

KIMIA: M o l e k u l

Molekul merupakan partike terkecil dari suatu senyawa. Molekul merupakan penggabungan dua atom atau lebih.

Ada beberapa molekul yang terbentuk dari penggabungan atom-atom yang sama. Molekul tersebut disebut molekul unsur, misalnya molekul oksigen. Tiap molekul oksigen terdiri atas dua tom oksigen.
Partikel Materi : Atom, Ion dan Molekul

1 atom oksigen + 1 atom oksigen -----> 1 molekul unsur oksigen

Oksigen terbentuk dari dua atom oksigen sehingga disebut molekul diatomik. Contoh molekul diatomik yang lain adalah fluorin (F2), klorin (Cl2), bromin (Br2), iodin (I2), hidrogen (H2), dan nitrogen (N2).

Molekul unsur yang terdiri atas tiga atom yang sama disebut molekul triatomik. Contoh molekul triatomik adalah ozon (O3). Molekul yang terdiri atas empat atom yang sama disebut molekul tetraatomik. Contoh molekul tetraatomik adalah fosforus (P4). Molekul unsur yang terdiri atas delapan atom disebut molekul oktaatomik. Contoh molekul oktaatomik adalah belerang (S8). Secara umum, molekul unsur yang terdiri atas lebih dari tiga atom yang sama disebut molekul poliatomik.

Molekul yang terbentuk dari penggabungan atom-atom yang berbeda disebut molekul senyawa, misalnya molekul air. Tiap molekul air terdiri atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.

Molekul air biasa ditulis H2). Contoh molekul senyawa yang lain adalah asam klorida (HCl), karbon dioksida (CO3), amonia (NH3), asam nitrat (HNO3), kapur (CaCO3), urea (CO(NH2)2) dan asam sulfat (H2SO4).

0 komentar: